Pages

Jumat, 22 Januari 2016

Dompet Behel

Purse with metal frame ternyata disebut dompet behel ya, baru tahu nih saya... :D

Sekarang ini sudah banyak orang yang membuat dompet behel dan cantik-cantik sekaliii... Proses pembuatannya sendiri tidaklah terlalu sulit. Hanya saja kita perlu beberapa kali latihan terutama di bagian pemasangan frame dengan lem supaya rapi. Frame atau behelnya sudah banyak di pasaran terutama online. Kalau di Indonesia mungkin bisa coba di sini atau di sini (tapi maaf tidak ada review karena belum pernah bertransaksi di dua online store tersebut).

Untuk informasi dasar tentang cara membuat dompet behel, Anda bisa meluncur ke blog milik U-Handbag. Pemilik blog ini memberikan tutorial gratis untuk belajar membuat dompet behel mulai dari merancang model dompetnya disesuaikan dengan ukuran behel. Kalau Anda mau, Anda bisa juga membeli keperluan untuk membuat behel di site itu, termasuk polanya (biasanya dalam paket/kit).




Secara umum bahan yang diperlukan untuk membuat dompet ini adalah:
  • kain untuk bagian luar (biasanya katun medium weight namun bisa coba juga dengan satin atau thai silk untuk jenis tas tangan acara pesta malam)
  • kain untuk bagian dalam (katun atau satin)
  • pelapis woven iron-on yang light, atau bisa pakai yang vlieseline G710
  • pelapis sew-in tipe fleece (saya pakai vlieseline thermolam 272)
  • benang cord ukuran diameter antara 5 - 6 mm 
  • frame atau behel (semakin kecil ukurannya, semakin kecil dompetnya)
  • lem (saya pakai guttermann untuk craft)
Benang cord itu digunakan untuk membantu saat kita memasang bagian lapisan kain ke behel. Cord ini memadatkan rongga dalam behel sehingga lebih rapat. Tapi menurut pengalaman saya yang pendek ini (baru coba bikin 4 aja siy, hihi...), kalau lapisan kainnya sudah terasa padat (tergantung jenis kain juga kan) waktu dimasukkan ke rongga behel, cord ini tidak terlalu dibutuhkan. Atau, mungkin ada baiknya kita stok cord dengan beragam diameter. Jadi pemakaiannya disesuaikan dengan kebutuhan.


Saya pernah mengganti thermolam 272 dengan pelapis yang ditujukan untuk membuat patchwork dan quilting. Tapi ternyata hasilnya tidak bagus. Pernah juga saya menggunakan vlieseline H630 dan hasilnya mirip dengan thermolam 272. Jadi H630 menjadi alternatif pengganti bila Thermolam 272 pas habis.




Seru ya... Yang style ala patchwork lebih seru lagi... Coba yuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar