Pages

Sabtu, 16 Januari 2016

Atasan Kebaya

*late post, 2015*


Sebagai pecinta kebaya, saya ingin sekali bisa membuat kebaya sendiri. Tentunya saya sadar bahwa untuk kebaya tradisional ada pakem tersendiri yang harus diperhatikan. Jadi tidak bisa sembarangan bikin. Nah, berhubung saya belajar sendiri, jadi untuk permulaan mendingan bikin kebaya modern aja yak. Atau bisa dibilang, atasan ala kebaya.

Di buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar karangan Pak Sukarno (lihat di sini), ada bahasan tentang membuat kebaya. Namun terus terang buku ini kadang ada salahnya di kode huruf titik garis pola. Jadi saya suka bingung berhubung kemampuan pattern making masih cetek. Terpaksa putar otak dan main logika saja. Plus browsing internet khususnya ke blog yang menulis kebaya serta ada juga yang di YouTube. 

Di model yang pertama saya buat ini, style-nya lebih ke kebaya kutu baru. Kupnat ada di dua bagian yaitu diambil dari kerung lengan dan dari bodice (maaf, saya belum menguasai istilah jahit menjahit dalam bahasa Indonesia). Muslin pertama yang saya buat, fitting di bagian badan sudah pas. Namun bagian belakang leher ada gapping yang cukup besar. Muslin kedua, saya merevisi bagian belakang leher namun ternyata terlalu banyak yang saya buang. Hasilnya, jahitan belakang leher harus "ditambal".



Revisi berikutnya sudah saya anggap final. Jadi langsung saya obras dan pasang kancing. Jadilah atasan putih ala kebaya yang cukup memadai untuk dipadankan dengan bawahan kain tradisional Indonesia. Sip!




Bahan: katun pemberian teman (merci, Jo :* )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar