Pages

Senin, 02 Oktober 2017

Sekilas di Beringharjo

Pasar Beringharjo, siapa yang tidak kenal? Pasti Anda semua tahu pasar ini, tempat belanja batik di Yogyakarta yang merupakan salah satu tempat favorit para wisatawan yang berkunjung ke kota pelajar. Bahkan sangat favorit bagi mereka yang pandai dan senang menawar harga, hihi... Lokasinya yang dekat pusat kota, terutama dekat Jalan Malioboro, membuat saya tidak berpikir panjang untuk singgah.

Kesempatan pertama, saya tiba pagi sekitar jam 8. Masih sepi (ya iya lahh... :D ). Jadi akhirnya saya foto-foto sedikit (padahal ada tanda dilarang foto - maap yak). 



Bagi yang suka batik siap pakai, tentu ada beberapa pilihan yang bisa dilihat. Dari model yang sederhana seperti daster rumahan, gamis sampai dengan pakaian kantor. Beberapa modelnya cukup modern tapi harus jeli mencari. Saya menemukan dress pendek dengan bagian pundak berlubang, seperti yang sedang jadi trend itu.




Bagi saya yang lebih memilih kain panjang, akhirnya pilihan jatuh pada kain batik semi sutra yang meteran di toko Roroys Textile. Kalau saya tidak salah ingat, harganya Rp. 40.000,- per meter. Sayangnya waktu saya tanya "semi sutra itu artinya campuran sutra dengan serat apa? dan persentase komposisinya bagaimana?", penjual tidak bisa menjawab. 

Dugaan saya, dengan harga itu, kandungan sutra-nya pasti sedikit. Atau, mungkin saja sutra buatan atau yang kita kenal dengan nama rayon. Bisa juga, sutra sintetik dari polyester karena saya merasa kehalusan bahannya sama dengan kain polyester silk yang saya beli di Les Coupons de Saint Pierre (sekitar 15 euros / 3 meter). Yang jelas, beda dengan scarf sutra milik saya, baik yang batik hadiah pernikahan, maupun yang dari pusat kerajinan sutra di Lyon.








Hari kedua, saya mampir sekitar jam 10-11, dan itu sudah ruame tenan... Wisatawan lokal maupun asing sudah memadati kios-kios batik. Oleh karena itu, saya hanya melihat satu toko yang tidak jauh dari Roroys (lupa namanya) karena pilihan kain cukup banyak dan harga cukup kompetitif, misalnya kain batik cap warna cerah harganya sekitar Rp. 60.000,-.


Rasanya lain kali kami ke sana lagi sambil bawa koper beroda ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar