Pages

Kamis, 09 Maret 2017

Belajar Menjahit dengan Kelas Online

Saat ini kegiatan menjahit menjadi populer kembali di kalangan kaum hawa baik dari tingkat remaja sampai dengan tingkat dewasa. Untuk itu, cara belajarnya pun ikut berkembang dari segi kemudahan waktu dan akses. Yang saya maksud di sini adalah cara belajar menjahit dengan kelas online.

Kenapa dibilang mudah? Karena kelas online sangat membantu kita yang memiliki keterbatasan dalam bergerak dikarenakan oleh kewajiban lain yang tidak bisa ditinggalkan. Kalau kita mengambil kelas menjahit konvensional (yang mana lebih ideal dalam proses pembelajaran), kita harus investasi waktu untuk pergi ke tempat belajar. Untuk beberapa kondisi, hal ini tidak memungkinkan (macet, anak masih bayi, harus mengurus orang tua, tidak ada tempat kursus terdekat, dan lain-lain). Nah, kelas online ini menjadi solusi bagi kondisi-kondisi di atas. Apa saja sih pilihannya?

Berikut ini tiga platform kelas online yang sudah kami coba.

Craftsy https://www.craftsy.com



Craftsy mengeluarkan beragam kelas online dari menjahit, merajut, memasak, fotografi, menggambar, pokoknya segala aya dah... Kalau kita ingin belajar ketrampilan tertentu, Craftsy ini bisa dicoba karena selain pilihannya banyak, kualitas video dan pengajarnya pun termasuk top. Semua pengajar menggunakan bahasa Inggris. Sistem penggunaannya adalah dengan memilih kelas yang kita mau, kemudian kita bayar secara online (by card). Setelah itu, kita bisa mengikuti kelas yang kita beli kapanpun kita ada waktu. Tidak ada batas waktu, alias selamanya bisa dilihat.

Untuk menjahit, Craftsy mempunyai beragam tema, dari menjahit tas sampai pakaian. Pakaian pun ada yang pakaian luar dan ada yang pakaian dalam (bra, korset, etc). Anda bisa memilih belajar dari membuat pola atau langsung menjahit menggunakan pola jadi. Eh jangan lupa, menjahit quilting juga ada lho... Jadi bagi yang memiliki minat luas dalam dunia menjahit, lumayan kan pilihan kelasnya.


Bila pada awalnya Anda ragu untuk membeli kelas, cobalah dulu kelas gratisannya. Ada beberapa kelas yang bisa diikuti secara gratis. Kemudian ada tips dari kami, bila Anda tidak terburu-buru untuk belajar sesuatu, tunggulah sampai Craftsy membuat periode diskon. Karena pada periode ini, harga-harga kelas menjadi lebih murah, bahkan untuk beberapa menjadi jauh lebih murah (contoh diskon bisa dilihat di foto atas). Mendaftarlah dulu untuk mendapatkan kelas (atau pola) gratisan, nanti kalau ada info sale, kita akan menerima email dari mereka.

Review dari kami: Kualitas video bagus, pengajar juga ahli di bidangnya, tingkatan menjahit sampai menyentuh haute couture. So, Craftsy tidaklah mengecewakan, bahkan menjadi platform favorit kami dalam belajar menjahit. 

Burda Academy https://academy.burdastyle.com

Sebagai salah satu pionir dalam fashion sewing, Burda pun memiliki kelas-kelas online bagi yang ingin belajar secara jarak jauh. Memang pilihannya mayoritas adalah menjahit untuk fashion alias garmen. Tapi ragamnya banyak, dari membuat pola sampai dengan menjahit sesuai pola yang ada di majalah Burda (alias sew-along, tapi tidak untuk semua pola, hanya beberapa saja). Pengajarnya tidak sebanyak di Craftsy bahkan cenderung ditangani oleh satu orang yang sama. Bahasa pengantar adalah bahasa Inggris untuk sebagian besar kelas. Sisanya dalam bahasa Spanyol. 

Seperti halnya Craftsy, Burda Academy juga memberikan beberapa kelas gratis bagi yang ingin mencoba. Jadi pertimbangkan untuk mengambilnya dulu sebelum membeli kelas. Periode diskon juga ada walau tidak sesering Craftsy. Biasanya beberapa kelas (dan pola) di-diskon pada saat Black Friday.

Sejauh ini kami hanya mencoba dua kelas saja, tidaklah banyak. Secara umum tampilan kelas mereka standar, tidak semanis tampilan kelas Craftsy. Pengambilan videonya pun masih kurang artistik dibanding Craftsy. Namun hal tersebut tidak mengurangi kemampuan video mengajarkan materinya kepada kita.

Review: Berhubung belum banyak mencoba jadi belum berani review. Namun bagi yang serius dalam menjahit garmen, kami rasa kelas-kelas di Burda Academy sangat cocok.

CreativeBug https://www.creativebug.com

Seperti halnya Craftsy, Creativebug memberikan beragam kelas terkait craft dengan bahasa pengantar Inggris. Namun ada beberapa kelas di Creativebug yang tidak ada di Craftsy, misalnya desain tekstil dan art textile. Kekurangannya dibanding Craftsy, Creativebug menyajikan kelas-kelas yang cenderung basic. Kelas menjahit yang ada, seingat kami hanya ada satu kelas yang levelnya agak tinggi (kelas Simplicity). Itu pun tidak bisa disamakan dengan kelas Couture Dress yang ada di Craftsy (haute couture style).

Sistem yang digunakan Creativebug juga berbeda, yaitu lebih ke langganan (bayar per bulan sekitar 5 dollar). Selama sebulan itu kita bisa melihat semua kelas yang kita mau. Kemudian tiap bulan kita mendapat "jatah" satu kelas yang bisa kita simpan di library kita. Jadi kalau suatu hari kita berhenti berlangganan, kelas-kelas yang ada di library pribadi tetap bisa kita akses.

Tiap bulan Creativebug mengeluarkan beragam kelas baru jadi tidak membosankan. Dan di Facebook Page mereka juga ada "live" secara berkala.

Review: Menarik, beragam topik (tidak hanya menjahit), kualitas video bagus, pengajar juga lumayan. Levelnya saja yang kurang menantang khususnya bagi kita yang sudah cukup lama malang melintang di dunia jahit. Namun bila ada anggota keluarga yang bisa memanfaatkan juga, tidak ada salahnya kita berlangganan Creativebug. Misalnya bila sang ibu mau belajar menjahit dan knitting, sang anak sulung minat belajar menggambar (sketch, doodle, etc), sang anak bungsu minat paper craft, nah... Berlangganannya jadi untuk semua.

***

Selain tiga di atas, kami belum pernah mencoba yang lain. Di Perancis sendiri ada Artesane https://www.artesane.com yang relatif baru namun sudah mengeluarkan beberapa kelas menarik dari pengajar-pengajar profesional di bidangnya. Konsepnya mirip dengan Craftsy namun tema-tema kelasnya hanya dalam bidang yang terkait benang dan jarum. 
Sedangkan di Indonesia, kami melihat sudah ada kelas menjahit online di Sekolah Pintar dan Fitinline. Kami belum pernah mencoba keduanya. Mungkin ada yang bisa share? 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar