Pages

Rabu, 29 Maret 2017

Rok denim A-line

Sebenarnya rok ini dibuat sebagai wearable muslin untuk bawahan bodice Elisalex yang ada di postingan akhir tahun lalu (lihat di sini). Polanya dibuat sesuai panduan dari buku Cal Patch yang berjudul Patternmaking Simplified. Awalnya saya mencoba-coba untuk membuat rok A-line ini dengan menggunakan sisa kain katun poplin yang ada di rumah. Setelah dirasa ok, baru saya membuat versi lebih panjang sedikit, diperlebar A-nya dan menggunakan kain yang berbeda (denim). Dari versi denim ini, saya membuat bawahan Elisalex merah.

Si rok denim ditelantarkan di akhir tahun lalu sehingga pada akhirnya saya pun bertekad menjadikannya sebagai satu rok manis yang akan dikenakan tahun ini. Tahap pertama, dikasih kantung (patch pocket) dengan desain yang saya suka. Kemudian di kantong itu saya bermain dengan piping bermotif bunga-bunga kecil. Ritsleting saya pilih berwarna ungu lavender yang masih masuk dengan bunga-bunga kecil nuansa pink muda di piping. Lalu, di beberapa tempat saya memberikan sentuhan topstitching dengan benang berwarna pink fuchsia. Haduh, rame juga ya... haha...

Sentuhan terakhir adalah menambahkan waistband, dua lubang untuk ikat pinggang dan kancing plus lubang kancingnya. Selesai! Cucok untuk jalan-jalan dengan atasan sederhana sehingga terkesan jadul, hahaha...

*sambil bernyanyi lagu alm Chrisye, "Engkau masih anak sekolah... Satu SMA... Belum tepat waktu untuk begitu beginiiii..." *




Bahan:

  • Kain denim dari Marché du Tissu (Stoffen Spektakel)
  • Piping dari Mimirose Paris (ALMe)
  • Benang topstitch (Coats) dari Craftsy Shop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar