Pages

Jumat, 13 Januari 2017

Buku Menjahit 1

Dalam postingan kali ini saya hendak membagi informasi tentang dua buku menjahit yang sesuai untuk pemula yaitu :



  1. Sewing Machine Basics oleh Jane Bolsover
  2. Sew Step by Step oleh Alison Smith (versi yang saya miliki adalah yang berbahasa Perancis jadi untuk mengetahui cover depan buku versi Inggris-nya, silakan klik ke sini)


Sewing Machine Basics 

Buku Sewing Machine Basics memberikan perkenalan kepada kita tentang bagian-bagian dari mesin jahit, prinsip kerja dan cara menggunakan mesin jahit portable yang standar (mekanik) serta beberapa teknik dasar menjahit. Topik-topik seperti ini umum ditampilkan dalam satu buku menjahit tingkat pemula. Tapi yang membedakan buku ini adalah adanya beberapa workshop atau project yang kesulitannya meningkat sesuai dengan materi atau teknik yang dipelajari misalnya: workshop pertama lebih untuk memperlancar dalam menjahit lurus jadi project-nya masih sangat sederhana yaitu membuat sarung bantal. Kemudian workshop terakhir adalah menjahit blus dengan pleats (lipit). Pola-polanya sudah disediakan dalam buku ini jadi kita bisa langsung pakai.

Daftar isinya:


Buku ini adalah buku pertama saya saat mulai belajar menjahit. Walaupun saya belum melakukan semua workshop yang ada, saya sudah membaca semua teknik yang dijabarkan di dalamnya. Menurut saya, sistemnya yang menggunakan workshop bisa lebih membantu kita untuk memahami teori. 


Sew Step by Step

Buku kedua, Sew Step by Step, lebih mirip seperti buku ensiklopedia teknik menjahit karena di dalamnya berisi banyak teknik (dasar-menengah) dari beragam jahitan tangan sampai dengan jahitan dekorasi dengan mesin jahit. Kelebihan dari buku ini adalah ilustrasi foto yang sangat jelas dan benar-benar step by step

Buku Alison Smith yang saya miliki ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Perancis jadi baik cover maupun judul sudah berubah. Namun isi tetaplah sama walau ada beberapa istilah yang disesuaikan dengan bahasa setempat. 

Lalu daftar isinya: 


Dalam bahasa Inggris (bila tidak jelas, bisa dilihat juga di Amazon):



Kalau saya tidak salah, buku Alison Smith yang berjudul The Sewing Book lebih lengkap dibanding buku yang saya miliki ini. Kemudian ada juga bukunya yang lain namun lebih fokus pada dressmaking. Judulnya Dressmaking Step by Step. 

***

Kedua buku ini (Sewing Machine Basics dan Sew Step by Step) sudah mencukupi bagi saya dalam mempelajari beragam teknik dan informasi seputar menjahit. Namun sebagai bahan pertimbangan bila Anda ingin mencari buku pemula yang sesuai, coba cek juga review buku menjahit sbb:

  • Reader's Digest Complete Guide to Sewing 
  • Vogue Sewing

Di Amazon, kita masih bisa menemukan kedua buku ini (edisi lama namun lengkap) dalam kondisi bekas dan tidak mahal.

Selamat belajar!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar