Pages

Senin, 23 November 2015

Scout tee


Blouse Scout tee dari Grainline studio ini merupakan salah satu pattern favorit saya. Model basic,simple, gampang di jahit dan berpotensi untuk di modifikasi jadi mode lain yang menarik (misalnya jadikan tunik, lengan nya di panjangin, model V neckline,etc). Bisa di jahit di berbagai jenis kain,katun,crepe,jersey/knit,tentunya beda jenis kain beda hasil. 

Selain itu, buat saya hanya dengan kain 1 meterpun bisa jahit scouttee :). Sejauh ini saya sudah jahit 3 scouttee dari kain katun misalnya seperti ini , sekarang ingin coba jahit di kain crepe ( Mondial Tissu).
Ukuran  kali ini saya pilih di size 6, tapi karena kain crepe lebih fluid,saya kurangi side seam di bagian waist sekitar 1cm di tiap sisi depan dan belakang, total kurangi 4cm di bagian waist. Sayangnya lengan tidak dirubah, saya lebih suka kalau di panjangin sekitar 4-5 cm. Selain menambahkan panjang bodice 4cm, saya ganti finishing neckline bias binding dengan facing neckline. 
Jahit kain crepe ini pakai jarum microtex ukuran 70/10, jangan lupa dengan benang polyester. Saya hampir salah memilih benang cotton, yang sangat tidak di anjurkan untuk menjahit bahan non-cotton. Kalau beli benang, usahakan check benang polyester, lebih kuat jahitannya dan bisa untuk menjahit hampir semua jenis kain.



facing neckline






Tidak ada komentar:

Posting Komentar