Pages

Kamis, 07 Mei 2015

Tunik Batik

Tunik ini dibuat dengan menggunakan kain batik yang dibeli tahun lalu di Pasar Mayestik. Ada bagian dari kain ini yang sudah saya pakai untuk membuat clutch sehingga panjang kain tidaklah lagi utuh. Oleh karena itu, pola awal yang berupa dress terpaksa dirubah (diperpendek) menjadi tunik.

Pola yang digunakan adalah dress E dari buku Stylish Dress Book dengan size 36. 

Pada umumnya kain bermotif harus dijahit dengan memperhatikan sambungan jahitan. Maksudnya, motifnya 'matched' di bagian jahitan. Jadi dua potong kain yang dijahit bersama harus nyambung motifnya. Sebenarnya tidak harus. Tapi untuk mendapatkan hasil yang cantik, banyak orang yang melakukan hal ini. Kendalanya adalah, kain yang dibutuhkan bisa lebih banyak daripada menjahit kain berbahan polos. 

Untuk tunik ini, saya tidak memiliki bahan yang cukup untuk membuat sambungan motif di bagian pleats dada maupun bagian jahitan samping. Namun untuk bagian kantung, saya bisa melakukannya.

Seperti biasanya, pola dan instruksi di buku menjahit Jepang sangatlah mudah untuk dipahami. Untuk itu, proses konstruksi tunik ini terbilang cepat.

Dan, hasil akhir cukup memuaskan. 




Versi dress:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar