Pages

Sabtu, 30 Mei 2015

The Serger's Technique Bible

Review buku yuk! 

Buku The Serger's Technique Bible ini membahas tentang mesin obras dan penulisnya adalah Julia Hincks. Tapi dalam review ini saya tidak membahas versi aslinya yang berbahasa Inggris melainkan bukunya yang sudah dalam bahasa Perancis. Judul buku terjemahannya itu adalah "Coudre à la surjeteuse".


Di bagian awal dijelaskan sedikit tentang tujuan pembuatan buku ini. Secara garis besar: "Awalnya mesin obras terkesan menakutkan namun bila kita sudah mengetahui dasar-dasar penggunaannya, kita tidak akan menyesali pembelian mesin ini. Kita tidak perlu lagi menggunakan jahitan zigzag untuk merapikan pinggiran kain karena mesin obras memberikan hasil yang mendekati profesional. Buku ini menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan mesin obras..."

Isi dari buku ini bisa dipakai pada mesin dengan merk dan model yang banyak beredar di pasaran, dari dua benang sampai 5 benang, walaupun contoh yang dipakai di buku adalah Janome 9300DX dan Janome 1200D (coverstitch). Dan ada beberapa bagian yang khusus membahas penggunaan mesin coverstitch yang biasa dipakai untuk finishing hem dari bahan knit (kaos, stretch).


Bab satu membahas tentang istilah-istilah dasar yang kita temui dalam penggunaan mesin obras serta anatomi mesin obras itu sendiri. Selain itu bab ini juga mengajarkan tentang penggunaan dasar mesin obras ini termasuk cara mengatur setting yang ada.

Bab kedua lebih kepada beragam teknik yang kita bisa terapkan dengan mesin obras dari teknik standar (lurus), melingkar, menyudut, sampai dengan teknik yang bertujuan untuk memberikan hasil dekoratif pada kain. Di bab ini juga dibahas penggunaan beberapa foot yang khusus untuk mesin obras dan/atau mesin coverstitch. Semua langkah dijabarkan dengan foto berwarna.



Bab ketiga berisi tentang beberapa project yang bisa kita coba dengan menggunakan mesin obras dan/atau mesin coverstitch. Dan seperti halnya bab-bab sebelumnya, tahapan project pun dijabarkan dengan foto-foto berwarna. Jadi tambah jelas!

Bagi saya, buku ini sangat bermanfaat dan sangat jelas. Dan kebetulan memang saya sedang membutuhkan buku tentang obras pada saat saya menemukan buku ini di toko buku FNAC sekitar dua bulan yang lalu. Awalnya saya agak khawatir bila terjemahannya tidak bagus karena berpotensi membingungkan. Ternyata tidak sama sekali. Ditambah dengan foto-foto, semua tambah jelas. Dari segi harga, buku ini lebih murah daripada buku obras dari penulis Perancis, Christine Beneytout. Saya tidak bisa membandingkan isinya tapi saya yakin tidaklah jauh berbeda.

Recommended! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar