Pages

Senin, 18 Mei 2015

Sewing Coco

Ini bukan tentang Coco Chanel ya.. :D Coco yang dimaksud adalah satu pola dari Tilly and the Buttons (silakan lihat di sini). Pola ini untuk membuat t-shirt dan dress dari bahan knit yang sangat cocok untuk dipakai sehari-hari.


Dalam instruksinya, Tilly menjelaskan cara pembuatan Coco dengan menggunakan mesin jahit rumahan. Jadi tidak harus dengan serger. Namun untuk Coco pertama yang saya buat ini, saya menggunakan serger untuk menjahit seam dan mesin jahit (dengan twin needle) untuk hem.


Dalam project ini, untuk pertama kalinya saya menggunakan twin needle untuk knit fabric. Untungnya banyak tutorial di YouTube tentang cara penggunaan twin needle di mesin jahit rumahan Brother. Jadi proses pemasangan dan penggunaan jarum kembar ini terbilang mudah.

Selain twin needle, saya juga menggunakan stay tape untuk pertama kalinya. Kegunaan dari stay tape ini adalah untuk membantu kain knit tidak banyak bergerak (krn elastis) saat kita menjahit bagian hem. Hasilnya pun jadi lebih bagus, hem terlihat lebih crisp di bagian lipatan.

Dalam foto di atas, hem bawah tanpa stay tape sehingga hasil kurang rata.


Coco sangat cocok untuk segala musim. Kita tinggal menyesuaikan: panjang lengan, bentuk kerah dan/atau panjang baju. Karena menurut saya, kita pun bisa membuat knit maxi dress dengan pola ini dan menggunakan bahan knit atau jersey yang tidak terlalu berat.



Bahan dan material:

  • Kain knit dari Marché du Tissus, Strasbourg 
  • Schmetz stretch twin needle 
  • Vlieseline stay tape


Tidak ada komentar:

Posting Komentar