Pages

Minggu, 11 Desember 2016

Coatigan Silvia II

Kali ini ukuran yang dipakai adalah 34 karena untuk anak masih remaja (tapi sudah menggunakan ukuran pakaian dewasa small).

Bahan kain yang dipilih adalah campuran wol dengan ketebalan yang cukup untuk musim dingin. Bahan lining dari satin polyester yang sesuai untuk jenis pakaian coat. 

Tips untuk pembuatan kantong masih sama dengan coatigan pertama. Sedangkan untuk pembuatan lubang kancing, sementara ini ditiadakan karena pemilik coatigan kedua ini tidak menghendaki adanya kancing. Jadi kesulitan akan ketebalan kain saat pembuatan lubang kancing tidak saya hadapi di project kali ini.



Perbedaan kali ini adalah pada proses penyatuan lining ke coatnya. Pada coatigan pertama, saya belum terlalu paham dengan sistem yang dideksripsikan oleh Schnittchen di dalam instruksinya. Jadi saat itu proses pemasangan lining ke body coat ditutup dengan jahit tangan (di bagian hem lengan dan hem body). Nah, untuk coatigan kedua ini saya mulai paham "bagging method" yang dicantumkan pada instruksi berkat informasi sebelumnya yang saya baca dari internet dan buku High Fashion Sewing Secrets (Claire Shaeffer) - Bagi yang tertarik untuk mempelajari beberapa tips dari para designer internasional, buku yang cukup tua ini sangat membantu. Namun jangan berharap banyak karena step-by-step lebih dalam bentuk ilustrasi kata dan gambar, bukan foto. Harga jual buku ini untuk second hand tergolong murah di Amazon. 

Tentang bagging method itu sendiri, Anda bisa membacanya di artikel Threads Magazine ini. Namun bilamana Anda ingin lebih tahu tentang caranya dan membutuhkan panduan dalam bentuk video, coba cari di YouTube untuk satu video dari eSewing Workshop.


Hasilnya ternyata memuaskan untuk pemasangan lining dengan metode di atas. Lebih rapi dan lebih cepat. Namun saya agak khawatir di bagian facing. Tingkat ketebalan kain wol tersebut membuat bagian ini cenderung keluar. Terpikir untuk melakukan understitching namun rasanya kurang cocok sehubungan dengan model depannya (facing: kerah ke bawah). Hasil seperti ini juga saya lihat pada beberapa sewing blogger luar yang menjahit dari pola yang sama.


Yah, setelah dipakai, coatigan ini tetap terlihat nyaman dan ok. Pemiliknya pun tidak keberatan dengan penampakan facing yang seperti itu. Well, bisa dinyatakan kelar dan semoga coatigan ini menjalankan tugasnya dengan baik.


Note: Kain wol campuran dan kain lining satin poly dari toko Mondial Tissus









Tidak ada komentar:

Posting Komentar