Pages

Kamis, 18 Agustus 2016

Mini Training Pants

Jadi ini late post… Awal Juli lalu, teman meminta untuk dibuatkan training pants bagi bayinya yang berusia 7 bulan. Training pants, apa itu? Sebagian pasti sudah tahu. Training pants adalah celana yang digunakan oleh anak-anak yang sedang toilet training. Jadi idealnya celana ini sanggup menampung kecelakaan pipis dan mudah dilepas bila ada kecelakaan pup. Tapi model training pants ada beragam. Kali ini teman saya cenderung memilih yang modelnya spt celana dalam (jadi tanpa kancing).


Terakhir saya membuat training pants itu adalah sekitar tahun… hmm… berapa ya. Mungkin 2012. Dan waktu itu ukuran yang saya buat lebih untuk anak usia 2-3 tahun. Nah, bagaimana utk anak usia 7 bulan? Untungnya di pola lama yang saya miliki, ada yang ukuran newborn. Maka untuk trial pertama, saya membuat ukuran ini.


Bahan-bahan masih sama seperti yang dulu: kain PUL, kain terry bambu dan kain suede. Polanya masih pakai Trimsies.

Hasilnya? Terlalu mini untuk sang baby montok, hihi…


Tingkat kesulitan membuat training pants (atau cloth diaper, soalnya mirip dari sisi bahan dan model) adalah:
  • pada saat menjahit kain PUL yang cenderung nempel (saran: pakai teflon foot atau tempelin magic tape scotch aja di sewing foot yang biasa dipakai)
  • pada saat menjahit terry yang cenderung stretch (saran: jaga kestabilannya dengan pin kl terry-nya lebih dari satu layer, tapi pakai wonder clip kl layer terakhirnya PUL - supaya PUL ngga bolong krn pin)
  • pada saat menjahit elastik (saran: latihan yang banyak dan jangan lupa pakai jenis stitch zigzag yang tiga step)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar