Pages

Sabtu, 06 Agustus 2016

Blouse Nadine

woohoooo...Summer mood still here ;) cuaca walaupun kadang menurun, tapi tetap cerah lah. Bikin baju baru yuuk aah.
Di stash masih ada sisa kain katun 'berbunga'  1,6m beli di  LSCP tahun 2015.  Cukup untuk jahit dua top buat summer. Karena saya ingin punya lagi blouse nadine seperti ini, maka jahitlah blouse nadine.
Kain sekitar 1m , pattern size 40, tambahkan panjang blouse 4cm. Butuh 6 biji kancing dan vlieseline H180 untuk pelapis collar. Saya pilih vlieseline H180 karena tidak ingin collar nya terlalu kaku.
Versi pertama saya jahit tanpa modifikasi pattern, agak pendek buat saya.. hohoho..perut bisa masuk angin ;)
blouse nadine
collar
Proses jahit blouse ini terbilang mudah ( untuk saya), karena ini ketiga kalinya saya jahit blouse Nadine. Teknik yang di butuhkan di sini seperti menjahit collar (kerah), buat buttonholes, jahit kancing (handsewn) dan jahit bias binding untuk armholes nya. Bila kalian sedikit menguasai teknik tsb, maka pasti bisa jahit blouse nadine atau blouse sejenis ini.

Sekaligus tambahan, saat jahit blouse nadine kali ini, saya jadi ada kesempatan untuk mencoba pertama kalinya 'gadget' jahit baru, stretch expanding gauge ( coucou,bestie..TFYI), yaitu sewing gauge untuk penempatan lubang kancing, seperti ini. aiiihh...terasa lebih menghemat waktu pakai alat ini. Tinggal meregangkan alat ini sesuai dengan jarak penempatan  lubang kancing yg di inginkan, tandai jarak tsb di baju/kemeja et voilà ! Dalam hitungan detik selesai proses penandaan lubang kancing.
Add caption
Sejauh ini saya belum explore kegunaan angka-angka yang tertera di gauge ini atau cara penempatan yang " tepat dan benar", selain melihat satu video di internet dan googling beberapa review di blog.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar