Pages

Selasa, 05 Maret 2019

Plantain, Revised

Plantain adalah satu pola t-shirt gratis populer dari Deer and Doe yang dirilis pada tahun 2014. Tahun 2017 mereka merevisi pola tersebut sesuai dengan hasil observasi mereka terhadap realisasi pola tersebut di kalangan para penjahit rumahan. Detailnya ada di sini : Plantain.

Kami sudah sempat membuat Plantain versi pertama (belum sempat diposting secara khusus) dan terus terang kami sudah cukup puas. Tapi memang betul bahwa bagian lingkar dada terasa agak ketat dan bagian pinggul terlalu melebar. Bagian leher juga terasa terlalu rendah. Namun tentunya kalau mau kami bisa memodifikasi sendiri - itulah keuntungan dari menjahit sendiri, bisa memodifikasi sesuai kebutuhan.

Dengan keluarnya versi revisi, saya pun tertarik ingin mencoba dan melihat dimana perubahannya. Tapi setelah hasilnya ada, saya tidak bisa membandingkan karena bahan kain yang saya pakai di versi pertama dan versi kedua tidaklah sama persis. Jatuhnya beda (note that again : kain berpengaruh).

Ukuran yang saya pakai adalah 42. Proses penjahitan bagian-bagian baju menggunakan mesin obras 4 benang. Lalu untuk pemasangan binding, hem lengan dan hem bawah baju, saya menggunakan mesin jahit dengan jenis jahitan zigzag kecil. Oh iya, saya menambahkan sedikit detail di baju ini yaitu satu kantung kecil. Pemasangannya juga dengan menggunakan jahitan zigzag.


Menurut saya secara umum t-shirt ini lebih nyaman dikenakan, mungkin juga karena kainnya yang lebih lemas. Sedangkan untuk leher, saya masih merasa agak terlalu rendah. Untuk ke depannya, saya harus memodifikasi bagian itu.

Bahan : 
  • Kain jersey viscose dari salah satu penjual di Salon Aiguille en Fête Paris 2018 - dua kain yang berbeda motif garisnya
  • Knit binding dari Toto Tours
*late post Sep 2018*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar