Pages

Sabtu, 02 Maret 2019

Oslo Coat

Proyek jahit pertama di tahun 2019 sudah selesai.Ya, sebagai proyek pembukaan awal tahun 2019 saya jahit Oslo coat,  dari Tessuti Pattern ( Australian indie pattern).
Saya sangat menginginkan coat simple  berwarna hitam, hangat, ada sakunya tapi ,tidak banyak kancing, bisa di kenakan kapan saja saat di butuhkan tanpa harus memikirkan atau memperhatikan dress code. halaah...😂😜


Intinya saya mau supaya bisa mengenakan coat ini dalam situasi yang informal atau formal sekaligus.
bref!


Pola saya pilih bikin size 10, tanpa buat toile terlebih dahulu. 🙈 Modal nekad. Padahal model coat seperti ini belum pernah saya jahit sebelumnya, pengalaman nol, apalagi di jenis kain seperti wool cashmere ini. Tapi saya pikir saya akan banyak basting sebelum menjahit permanen, saya akan sangat perlahan-lahan dalam proses mengerjakannya untuk menghindari kesalahan (fatal), saya akan membaca instruksi dengan cermat. Well, itu teori awal, pada saat proses jahit saya masih saja membuat kesalahan 😅, tapi tidak fatal sehingga tidak sampai merusak kain hanya membutuhkan kesabaran extra 🤕.
Kain wool cashmere blend ( wool 80% cashmere 20% ) warna hitam sepanjang 2,5m yang sangat tepat  dan cukup untuk dibuat Oslo Coat 😍. Saya memakai weft fusible interfacing untuk melapisi oslo coat sebanyak 2m. Saya ingin oslo coat tidak terlihat kaku dan karena jenis kain wool cashmere sudah cukup hangat, sehingga saya pikir tidak perlu untuk melapisi coat dengan interlining yang lebih tebal lagi, cukup hanya dengan weft interfacing dan kain satin polyester  1m50 sebagai lining Oslo coat.
alat-alat pendukung jahit coat
 Untuk pemilihan bagian kancing, saya pilih pakai dua biji button press sew in  karena tidak ingin "merusak" model pure oslo dengan pakai kancing yang keliatan dari luar ( seperti pola asli), selain itu juga tidak perlu bikin lubang kancing. Dengan jenis kancing ini, saya bisa merubah letaknya dengan mudah pada saat fitting.
Sejak saya selesai jahit akhir Januari, oslo coat ini menjadi coat favorit saya,sering saya kenakan apalagi di saat udara dingin.

*verylatepost


Tidak ada komentar:

Posting Komentar